Ergocamp

Tim "INDUSTRIMUS" Teknik Industri UMS berhasil Menyabet Juara Nasional dalam Acara Ergocamp 2022


Ergonomics Students Camp and Paper Challenge (ERGOCAMP) merupakan kegiatan tahunan untuk seluruh mahasiswa Teknik Industri nasional khususnya dalam bidang ergonomi dibawah naungan Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI). Kegiatan ini menjadi salah satu ajang untuk bersilaturahmi dan berdiskusi dengan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. ERGOCAMP telah berlangsung sejak tahun 2016 yang diselenggarakan di Trawas, Bandung (2017), Yogyakarta (2018), Semarang (2019), Malang (2020).

Pada tahun 2022, ERGOCAMP diselenggarakan di Anyer, Banten pada 11-12 November. Kegiatan ini diikuti 28 tim dengan 106 peserta berasal dari 18 perguruan tinggi di Indonesia. ERGOCAMP tahun ini mengangkat tema Peran Ergonomi Pasca Pandemi: Kesadaran Terhadap Keselamatan Kerja Untuk Meningkatkan Produktivitas. Rangkaian kegiatan utamanya terdiri dari seminar ergonomi, lomba poster, lomba essay, lomba debat ergonomi, dan lomba Si Paling Ergonomi.

Universitas Muhammadiyah Surakarta ikut berpartisipasi dalam ajang ERGOCAM dengan mengirimkan 1 perwakilan tim dari Teknik Industri yang diberi nama “INDUSTRIMUS". Tim tersebut diketuai oleh Achmad Ammar Arifin (D600200248) yang beranggotakan Aris Indrianto (D600190116), Danar Tri Bintoro (D600190035), Tegar Sanfian (D600200262) dan didampingi oleh dosen pembimbing yaitu Muchlison Anis, S.T., M.T. Tim “INDUSTRIMUS” membuat sebuah inovasi produk EMOGRIP atau Easy Mobile Gripper yang ditujukkan untuk mengurangi kecelakaan kerja akibat kurangnya kesadaran dalam menerapkan 5R dalam bekerja.

Rancangan produk tersebut berhasil membawa tim “INDUSTRIMUS” masuk kedalam Finalis lomba Essay dengan 4 Universitas lainnya seperti Universitas Jendral Soedirman (UNSOED), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Serang Banten (UNSERA) dan Universitas Diponegoro (UNDIP). Tidak hanya itu, tim delegasi mahasiswa Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta juga berhasil meraih dua penghargaan yaitu sebagai Juara Umum dan Most Creative Team for Instagram Reels.