Shell Eco Marathon

Tim ECRC UMS Berpartisipasi pada Ajang Shell-Eco Marathon 2022 Tingkat Internasional

Tim Electric Car Research Center (ECRC) UMS yang beranggotakan 15 orang dengan 10 orang termasuk tim inti dan 5 orang tim visitor turut berpartisipasi dalam kompetisi yang berlangsung di Pertamina Mandalika Internasional Circuit Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 11-15 Oktober 2022.

Shell Eco-Marathon adalah ajang untuk mengembangkan solusi mobilitas yang inovatif dalam mendesain, membangun, menguji, dan mengendarai kendaraan masa depan yang memenuhi unsur keamanan serta dapat menempuh jarak terjauh dengan menggunakan sumber energi seminimal mungkin. Kompetisi tahun ini diikuti oleh 49 tim yang terdiri dari 33 wakil Indonesia dan sisanya representasi dari India, Kazakhstan, Republik Korea, Malaysia, Nepal, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Adyt, tim ECRC UMS menjelaskan dalam kompetisi itu tim ECRC UMS menggunakan prototype kendaraan dengan pengganti bahan bakarnya berupa baterai electric untuk mengurangi penggunaan energi fosil.

”Dari kompetisi tersebut kami mendapatkan pengalaman dalam mengikuti lomba internasional, bisa belajar dari tim lain, pengalaman kerjasama tim untuk mencapai hasil yang terbaik dan dituntut untuk memperbaiki mobil agar lolos technical inspection dengan waktu yang terbatas,” ungkapnya, Minggu (22/01).   

Adyt berharap tahun 2023 ini dapat mengikuti kembali kompetisi tersebut dengan persiapan tim yang jauh lebih matang supaya mendapatkan hasil yang lebih baik daripada tahun 2022 lalu.